Beranda Ulvia

potret | rekam | kata

Sabtu, 14 April 2012

Puisi itu...

taken from deviantart

Puisi. Setiap orang pasti tahu tentangnya. Tapi kalau disuruh menjelaskan apa itu puisi? Bingung. Aku mesti jawab apa? Yang aku tahu, puisi itu kebebasan berkespresi. Puisi itu... perpaduan dari perasaan dan pikiran yang menjelma kata-kata. Iya, berdasarkan paparan dari dosenku, yang aku bisa simpulkan seperti itulah puisi. Puisi lahir dari hati, tempat asal perasaan itu muncul. Selama puisi belum jatuh sampai hati, akan sulit mengungkapkannya menjadi kata-kata. Pikiran adalah media pendukung terbentuknya puisi. Melalui imajinasi, puisi yang dari hati akan menjadi indah. Puisi yang sebatas terpaku oleh pikiran, walaupun secara mendetil mencari diksi, gaya bahasa yang tidak biasa, dan lain lain tetap akan terasa hambar. Karena puisi itu dari hati, dibuat dengan harapan bisa tersampaikan dengan baik kepada hati pembaca.


Kekuatan puisi itu ada dalam diksi. Seorang penyair harus mampu menciptakan simbol-simbol baru yang hanya dimiliki dirinya. Karena bahasa puisi cenderung berupa tanda-tanda atau privat simbol. Nah oleh karena itu, jika membaca puisi pasti akan menimbulkan interpretasi yang berbeda dari setiap pembaca. Ya, itulah puisi, punya simbol-simbol yang menguji kepekaan. Membuat kita berpikir lebih lama hanya untuk memahami makna yang tersirat di dalamnya.

Walaupun kekuatan puisi ada dalam diksi, tapi bukan berarti kita harus berpikir terus-terusan mencari privat simbol atau diksi yang tidak biasa.  Karena puisi itu dari hati. Puisi mestinya jatuh menyeluruh menyentuh perasaan. Nanti, perasaan itu sendiri yang akan menyeleksi diksi yang tepat hingga menimbulkan kekuatan puisi.

Yaaa, kurang lebih seperti itulah puisi. Paparan di atas merupakan simpulan dari penjelasan-penjelasan dosenku. Cmiiw.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. eh salah ketik tadi..
    bagus2 ih pinternya emang bener tuh kata dosennya ealah hehehhe...kan dosen sastra yah?
    berimajinasi..

    eh ikutan LOmba disini nih FB :PENERBIT SAHABAT KATA / http://imajinasipena.blogspot.com/2012/06/event-cipta-puisi-100-hati-berbagi.html

    BalasHapus

sila berkomentar :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Let's be friends!

>> <<