Beranda Ulvia

potret | rekam | kata

Minggu, 22 April 2012

Sangat Mengagumimu :)

 taken from devianart
“Buku yang kau tulis adalah semacam jejak yang terus menyala di dunia, dan bisa menjadi cahaya akhiratmu.”-- Helvy Tiana Rosa

Helvy Tiana Rosa. Siapa yang tidak kenal dengan beliau? tokoh perempuan yang sangat menginspirasi saya. Kata-kata yang melesap darinya indah dan bermakna, mampu menggugah hati pembaca. Tulisannya kuat dan menyentuh dasar hati. Apa yang beliau tulis mengandung sesuatu yang bisa dipetik dan tersampaikan dengan baik ke hati pembaca, tidak terkesan menggurui bahkan menceramahi. Kepiawaiannya meracik katakata membuat saya terkesima, tergugah dan  tanpa sadar, hati berbisik : saya ingin seperti beliau. Semoga.


Beliau berhasil memperoleh gelar sarjana sastra dari Fakultas Sastra UI. Kemudian, gelar magister diperolehnya dari Jurusan Ilmu Susastra, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia. Ya, beliau itu... full of sastra! hehe. Dan sekarang beliau menjadi dosen Bahasa dan Sastra Indonesia di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negri Jakarta. Waaah.

Sempat menjadi Redaktur dan Pemimpin Redaksi Majalah Annida, tahun 1990 mendirikan Teater Bening—sebuah teater kampus di FSUI yang seluruh anggotanya adalah perempuan. Beliau juga  merupakan pendiri dan Ketua Umum Forum Lingkar Pena/ FLP (1997-2005). Selain itu, beliau kerap diundang berbicara dalam berbagai forum sastra dan budaya di dalam dan luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, Hong Kong, Jepang, Mesir hingga Amerika Serikat.

Belum lagi beliau sering memenangkan sayembara penulisan dan mendapatkan beberapa award. Pokoknya beliau itu... saaaangat menginspirasi. Bagi saya, beliau itu kartini masa kini. Berjuang melalui kata-kata, menumpas segala pembodohan fana.


profil from http://helvytr.multiply.com
quote from http://www.thequotefactory.com/
 

3 komentar:

  1. masya Allah, jujur aku belum pernah baca bukunya.
    cuma baca puisinya dia pintar bgd dalam menulis kata2 dan idenya pasti mengalir lancar.

    tapi stlah baca. buku yang kau tulis bal..bla... itu jadi luar biasa termangu-mangu hii...

    insya Allah kita belajar byak darinya wlpun kita blum bisa sebaik ibunda Helvi ..^,^

    salam kenal yah ukht..

    BalasHapus
  2. Sangat Familiar dengan Nama Helvy Tiana Rosa, sempat baca beberapa cerita pendeknya, tapi yah hanya sebatass itu taunya...
    kaya nya saya harus lebih kenal lagi dengan beliau ya :)

    Blognya cantik, ukhtiii :)

    BalasHapus
  3. Suka sama beliau sejak baca "Ketika Mas Gagah Pergi"

    terus jg suka tulisan2 asma nadia.

    ^^

    BalasHapus

sila berkomentar :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Let's be friends!

>> <<