Beranda Ulvia

potret | rekam | kata

Selasa, 22 Oktober 2013

Pendidikan itu Bernama Pembiasaan

Di rumah sederhana ini tidak terdengar musik selain murattal alqur'an--dibarengi denting piring garpu beradu. Biasanya, lepas salat maghrib, Abi mengajarkan anak-anak mengaji. Tidak lupa juga setor hapalan surat pendek--atau semampu mereka. Selalu begitu. Setiap hari.

Dengan sabar dan telaten Abi mengajari anak-anaknya, tentu saja dibarengi teladan yang baik. Abi tidak pernah lupa memperlihatkan kebiasaan tilawah lepas salat maghrib. Agar anak-anaknya bisa terbiasa. Selepas salat Isya, anak-anak berkumpul di ruang keluarga, sibuk bercerita sambil sesekali melihat buku tugas masing-masing.

Abi yang biasa memutar murattal takzim mendengarkan sembari menemani anak-anaknya. Ummi juga ikut duduk sebentar, mengistirahatkan badan. Mungkin karena lelah seharian, tidak jarang Abi dan ummi tidur sambil terduduk. Tapi kalau tiba-tiba mp3 diganti oleh adek dengan lagu-lagu pop, sontak Abi terbangun lalu kembali memutar ulang murattal. Begitulah, pembiasaan-pembiasaan kecil yang diterapkan tidak lain agar anak-anak terbiasa. Karena pembiasaan yang dilakukan bisa membentuk karakter anak tanpa sadar.

Betapa keluarga ini mengajarkan banyak hal.

0 tanggapan:

Posting Komentar

sila berkomentar :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Let's be friends!

>> <<