Beranda Ulvia

potret | rekam | kata

Senin, 14 Januari 2013

Pancasila sebagai Filsafat

 Pengertian filsafat
Secara etimologis , kata falsafah bersal dari bahasa Yunani yaitu philosophia :philo/philos. Philien yang artinya cinta/pencinta/mencintai dan Shopia yang berarti kebijakan/wisdom/kearifan/hikmah/hakikat kebenaran. Jadi, filsafat artinya cinta dan kebijakan.

Berfilsafat berarti berfikir secara dalam-dalamnya (merenung) terhadap sesuatu secara metodik, sistematis,menyeluruh, dan universal untuk mencari hakikat sesuatu. Menurut D. Runes, filsfat berarti ilmu yang paling umum yang mengandung usaha mencari kebijakan dan cinta akan kebijakan. (BP-7,1993;8).
Filsafat terbagi menjadi dua, yaitu:
  • Filsafat sebagai metode, menunjukkan cara berfikir dan cara mengadakan analisis yang dapat dipertanggungjawabkan untuk dapat menjabarkan ideologi pancasila.
  • Filsafat sebagai pandangan hidup, mengandung nilai dan pemikiran yang dapat menjadi subtansi dan isi pembentukan ideologi pancasila. 
Filsafat pancasila sebagai refleksi kritis dan rasional tentang pancasila sebagai dasar negara dan kenyataan budaya bangsa, dengan tujuan untuk mendapatkan pokok-pokok pengertian secara mendasar dan menyeluruh. Ideologi pancasila mengandung keseluruhan prinsip normatif yang berlaku bagi RI dan bangsa Indonesia secara keseluruhan, sedangkan filsafat pancasila mengungkapkan konsep-konsep kebenaran.

sumber: buku perkuliahan



0 tanggapan:

Posting Komentar

sila berkomentar :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Let's be friends!

>> <<