Beranda Ulvia

potret | rekam | kata

Kamis, 10 Januari 2013

Hipotesis Urutan Alamiah

Hipotesis urutan alamiah—the natural order hypothesis. Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan terbukti bahwa ada urutan-urutan alamiah dalam pemerolehan bahasa. Dari segi tatabahasa, misalnya, ada pola-pola gramatik yang diperoleh awal dan ada pola-pola lain yang baru diperoleh kemudian. Banyak progressive tense dan bentuk jamak dalam bahasa Inggris, misalnya, selalu diperoleh lebih awal dari bentuk present tense atau pun bentuk posesif.

Adanya urutan ilmiah ini dibuktikan pula pada anak kecil yang sedang menguasai bahasa asing. Dalam penelitian mengenai hal ini, Dulay dan Burt (1974) meneliti anak-anak Cina dan Spanyol yang ada di New York yang dengan sendirinya berusaha menguasai bahasa Inggris. Dari analisis kesalahan didapati bahwa macam-macam kesalahan itu sama, baik di antara mereka sendiri maupun bila dibandingkan dengan kesalahan anak Amerika yang sedang memperoleh bahasanya sendiri.

Yang lebih menarik adalah adanya bukti bahwa orang dewasa yang sedang menguasai bahasa Inggris pun membuat kesalahan-kesalahan yang mirip dengan kesalahan anak kecil. Penghapusan infleksi –s pada katakerja, penghapusan penanda jamak dan posesif yang sering dilakukan  oleh orang dewasa.
Hipotesis urutan alamiah tidak menyatakan bahwa setiap pengakuisisi (orang) atau penerima akan memperoleh struktur gramatikal dalam urutan yang sama persis. Menurut hipotesis ini, terdapat urutan – urutan alamiah dalam pemerolehan bahasa. Baradja mengemukakan bahwa hipotesis ini didukung penelitian – penelitian yang dilakukan oleh Brown, Dulay, dan Burt tersebut.

Hal itu tidak berarti bahwa urutan pemerolehan bahasa  sama bagi setiap orang. Tetapi secara umum terdapat urutan alamiah yang hampir sama antara proses yang diikuti oleh anak – anak dalam pemerolehan bahasa pertama dan proses yang diikuti oleh orang dewasa dalam pemerolehan bahasa kedua.


sumber:

Dulay, Heidi; Burt, Marina; Krashen, Stephen. (1982). Language Two. Oxford: Oxford University Press.
Krashen, Stephen D. dan Tracy D. Terrell. (1985). The Natural Approach Language Acquisition in the Classroom. New York: Pergamon Press.
 

0 tanggapan:

Posting Komentar

sila berkomentar :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Let's be friends!

>> <<